Bukti Transaksi

May 30, 2012 at 5:40 pm 27 comments

Macam-Macam Bukti Transaksi

     Kuitansi

Kuitansi adalah tanda bukti terjadinya pembayaran yang ditandatangani oleh pihak penerima uang. Kuitansi harus dibubuhi materai pada jumlah tertentu sesuai dengan peratuaran yang berlaku. Lembar asli diserahkan kepada pihak yang membayar, sedangkan tembusan atau bagian sus/potongannya disimpan pihak penerima.Gambar

 

     Nota Kontan

Nota kontan adalah tanda bukti pembelian barang secara tunai yang dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pembeli. Nota kontan dibuat minimum rangkap dua. Aslinya diserahkan kepada pihak pembeli dan tembusannya disimpan pihak penjual untuk bukti transaksi.

Gambar

 

     Faktur

Faktur adalah perhitungan jual beli secara kredit yang dibuat oleh penjual. Faktur asli diberikan kepada pembeli sebagai bukti pembelian kredit. Sedangkan tembusannya atau copy-nya disimpan penjual sebagai bukti penjualan kredit.

Gambar

 

     Nota Kredit

Nota Kredit adalah surat bukti terjadinya pengurangan piutang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan atau penurunan harga karena terjadinya kerusakan atau ketidak sesuaian kualitas barang yang dikirim dengan yang dipesan. Nota kredit dibuat dan ditandatangani oleh penjual. Arti nota kredit adalah penjual mengkredit (mengurangi) piutang usaha yang akan ditagih ke pembeli. Lembar asli diberikan kepada pembeli, sedangkan tembusannya/copy-nya disimpan penjual.

Gambar

 

     Nota Debit

Nota debit adalah surat bukti terjadinya pengurangan utang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan atau penurunan harga yang dibuat oleh pihak pembeli. Arti nota debit adalah mendebit (mengurangi) utang usaha pembeli yang harus dilunasi.

Lembar asli dikirimkan oleh pembeli kepada penjual bersamaan pengiriman kembali barang yang dibeli, sedangkan tembusannya/copy-nya disimpan oleh pembeli sebagai arsip dan bukti pencatatan.

Gambar

 

     Cek

Cek adalah surat perintah dari pemegang rekening giro (penyimpan dana) kepada banknya supaya mengeluarkan sejumlah uang untuk diberikan kepada pembawa cek/pihak penerima pembayaran, sedangkan pihak yang melakukan pembayaran menyimpan sus/potongannya.

Cek sebenarnya bukan surat bukti melainkan alat pembayaran. Oleh karena itu, pengeluaran cek harus disertai penerimaan kuitansi.

Gambar

 

     Bilyet Giro

Bilyet Giro adalah alat pembayaran kepada pihak lain dengan cara memindahkan saldo rekening bank pihak yang membayar kepada rekening pihak yang menerima. Seperti halnya cek, bilyet giro dibuat oleh pihak pembayar. Pihak penerima bayaran menerima lembar bilyet giro, sedangkan pihak pembayar menyimpan sus/potongannya yang harus disertai penerimaan kuitansi.

Gambar

 

     Memo

Memo adalah bukti transaksi yang dibuat oleh pimpinan perusahaan untuk bagian-bagian lain di perusahaan tersebut yang berisi perintah pencatatan suatu kejadian.

Gambar

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pengertian Aktiva, Kewajiban, Ekuitas, Pendapatan dan Biaya. Birrul Walidain

27 Comments Add your own

  • 1. Ade Rusdiansyah  |  June 9, 2012 at 4:44 am

    Good Posting… :)

    Reply
  • 2. R Aulia  |  June 12, 2012 at 2:37 am

    thank you ^_^

    Reply
  • 3. acenghermawan  |  June 28, 2012 at 2:08 am

    ibu lulusan apaan ,,

    Reply
    • 4. Faridatul Aulia  |  July 15, 2012 at 3:59 am

      lulusan smk jurusan akuntansi, same with you brother ^_^

      Reply
  • 5. Happy  |  August 6, 2012 at 8:33 am

    hehehehehe,…makasihhhh atas infonya… ^_^

    Reply
  • 7. Veen Veen  |  September 25, 2012 at 11:34 pm

    bisa gak ngasih contoh lain selain yg ini ????

    Reply
  • 8. Andre As Eventhe  |  October 3, 2012 at 12:06 pm

    makasi :D

    Reply
  • 10. bunga  |  October 3, 2012 at 1:26 pm

    ada contoh soal cek gak ka?

    Reply
    • 11. Faridatul Aulia  |  October 3, 2012 at 1:44 pm

      contoh gimana?
      gambarnya atau penjelasan mendetailnya?

      Reply
  • 12. nuri  |  November 21, 2012 at 6:08 am

    makasih infonya

    Reply
  • 14. Nurul Fibula (@laabhul)  |  December 19, 2012 at 10:06 am

    makasih banyak ibuuuu sangat bermanfaat buat tugas akuntansi saya hehehe saya copy ya ^0^

    Reply
    • 15. Faridatul Aulia  |  December 20, 2012 at 2:31 am

      iya sama-sama ^_^
      senang bisa bermanfaat :)

      Reply
  • 16. Mia Rahmawati  |  January 20, 2013 at 3:29 pm

    Makasih banyak buat informasinya Bu :)
    Sangat bermanfaat :D

    Reply
  • 17. hafiz  |  February 3, 2013 at 3:41 am

    kaka makasih ya

    Reply
  • 19. Dewi  |  February 19, 2013 at 12:08 am

    thank you min.

    Reply
  • 20. stefen  |  March 2, 2013 at 11:14 am

    biasanya di transaksi nyata kok nota penjualan yang asli disimpan pemilik barang dan salinan diberikan ke pembeli , dan penagihan dengan cara memberikan nota yang asli , apakah benar ? saya jadi binggung

    Reply
    • 21. Faridatul Aulia  |  March 2, 2013 at 11:29 am

      ilmu saya juga masih terbatas mohon maaf jika jawabannya belum memuaskan dan semoga ga puas sehingga tetap semangat untuk mencari tau dan memperdalam ilmu, dari cerita bang stefen saya mengambil kesimpulan karena itu transaksi secara kredit jadi diberikan salinan notanya kepada pembeli. saya juga pernah mengalami hal serupa saat saya mencetak beberapa sertifikat di percetakan. karena sertifikatnya tidak langsung jadi maka saya membayar uang muka terlebih dahulu dan diberikan salinan nota yang kemudian akan saya tukar setelah sertifikatnya jadi dan melunasi semua tagihan. setelah itu saya diberi nota yang asli. pada praktiknya memang tidak melulu sama dengan teori yang ada dibuku.

      Reply
      • 22. stefen  |  March 4, 2013 at 8:13 am

        iya betul bu , yang saya maksud kalo orang nya masi nge bon , , sekarang jadi udah jelas , terimakasih bu ^^

  • 23. dika  |  May 25, 2013 at 12:04 am

    nota kontannya lucu, saya copy ya? tks

    Reply
  • 24. dina afiffah  |  September 4, 2013 at 10:09 am

    terima kasih atas info nya :)

    Reply
  • 25. 'ttry Adjjah  |  September 6, 2013 at 7:51 am

    trimakasih kaka sangat membantu :)

    Reply
  • 26. Analis Instrumen Perbankan  |  September 20, 2013 at 2:19 pm

    Share yg menarik dan bermanfaat utk blog saya. Trims ya…:)

    Reply
  • 27. Sity Aisyah  |  October 2, 2013 at 4:25 pm

    Makasih yaa :) ngebantu banget, buat aku ngerjain pr sak ;) makasih banyaak ;)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis

Farida

Faridatul Aulia

Recent Posts

Blog Stats

  • 192,399 hits

Tamu Special

free counters

Tanggalan

May 2012
M T W T F S S
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Waktu


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,249 other followers

%d bloggers like this: