Shaum

July 16, 2012 at 11:17 pm Leave a comment

Puasa Sunnah

 

  1. A.    Definisi
    1. 1.      Secara Bahasa

Puasa (shaum) pada dasarnya berarti menahan diri dari melakukan suatu perbuatan, baik makan, berbicara maupun berjalan. Oleh karena kuda yang tidak mau berjalan atau memakan rumput disebut shaim (kuda yang tidak mau berjalan) . Penyair berkata,

Kuda-kuda ini tidak mau berjalan dan kuda-kuda yang lain mau berjalan.”

Begitu pula dengan angin yang diam disebut shaumun dan waktu tengah siang hari juga disebut langit. Oleh karena itu dikatakan pula oleh orang Arab,

Matahari berdiri tegak di waktu siang.”

  1. 2.      Menurut Agama

`                 Arti puasa menurut agama adalah bentuk menahan yang khusus pada waktu yang khusus dengan cara yang khusus pula.

  1. B.     Keutamaan puasa

Di dalam Kitab Allah swt dan sunnah Rasulullah saw terdapat banyak yang mendotong orang untuk melakukan puasa, menjelaskan keutamaannya dan pahala yang Allah SWT janjikan bagi orang-orang yang berpuasa. Berikut penjelasannya:

1)      Ayat Al-Quran:

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35).

Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat memuji (Allah), yang melawat, yang rukuk, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat mungkar dan yang memelihara hokum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang yang mukmin itu.” (At-Taubah: 112)

Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Rabbnya akan member ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadat, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan.”  (At-Tahrim: 5).

2)      Hadist :

Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

semua amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa, maka ia untukKu dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai (dari perbuatan maksiat) dan apabila seseorang darimu tengah berpuasa, maka janganlah dia berkata kotor, berteriahk dengan suar a keras dan bila seseortang mencelanya atau mengajaknya berkelahi, hendaknya ia mengatakan , ‘sesungguhnya aku sedang berpuasa’ Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa libih wangi di sisi Allah dari minyak kasturi. Orang yang senang dan bila ia berjumpa dengan Rabbnya ia sengang dengan puasanya.”

Dari Sahal bin Said dari Nabi, beliau bersabda,

“Sesungguhnya di dalam surge ada sebuah pintu yang disebut dengan ar-Rayyan yang kelak pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa dan tidak ada orang lain selain mereka yang memasukinya. Dikatakan, ‘Mana orang-orang yang berpuasa? ‘Mereka lalu bangun dan tak seorangpun yang masuk selain mereka. Ketika mereka telah masuk, pintunya dikunci sehingga tidak ada orang yang masuk selain mereka.”

 

  1. C.    Macam-macam puasa sunnah

 

  1. 1.      Puasa yang disunnahkan
  • Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Disunnahkan mengiringi puasa Ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawal dan itu sebanding dengan puasa selama setahun.

Diriwayatkan dari Abu Ayyub al-Anshari bahwa Rasulullah saw bersabda,

barangsiapa yang berpuasa di bulan ramadhan, lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan syawal, maka ia seperti puasa selama setahun .”

Dari tsauban dari rasulullah beliau bersabda

barangsiapa puasa dibulan ramadhan maka puasa sebulan itu sama dengan sepuluh tahun dan dengan puasa enam hari setelah berbuka maka itu melengkapi puasa setahun”

  • Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijah dan Penekanannya Pada Hari Arafah Bagi Selain Orang Yang Melakukan Haji

Disunnahkan melakukan puasa pada sepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijah sebagaimana yang deriwayatkan Ibnu Abbas bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Tidak ada amal yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih baik daripada yang dilakukan pada sepuluh hari ini.” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad?” Beliau menjawab, “Tidak pula jihad, kecuali seorang lelaki yang keluar dengan jiwa dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan membawa apapun.”

  • Puasa Hari Arafah

Disunnahkan berpuasa pada hari Arafah bagi selain orang yang melakukan haji berdasarkan hadits riwayat Abu Qatadah bahwa Rasulullah saw bersabda,

Berpuasa pada hari Arafah aku mengharap Allah menghapus dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan dating.”

Aisyah berkata,

“Tidak ada hari dalam setahun yang lebih aku sukai untuk berpuasa pada hari itu daripada hari Arafah.”

  • Puasa Muharram dan Penekanannya Pada Hari Asyura’

Rasulullah saw menganjurkan puasa pada bulan Muharram dan menjadikannya sebagai bulan yang paling mulia setelah bulan Ramadhan.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

  • Puasa Sya’ban

Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan sya’ban untuk mengikuti perbuatan Rasulullah saw, dimana beliau selalu berpuasa pada bulan tersebut kecuali  beberapa hari saja beliau berbuka.

Aisyah berkata,

Rasulullah saw selalu berpuasa hingga kami mengatakan beliau tudak pernah berbuka dan beliau pun berbuka hingga kami mengatakan beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa seperti yang dilakukannya pada bulan Sya’ban.”

  • Puasa Pada Bulan-bulan Haram

Bulan-bulan haram adalah Dzulqa’dah, Dzulhijah , Muharram dan Rajab.

Allah telah mengagungkan kedudukan bulan-bulan ini dalam firmanNya,

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurusm maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu.”  (At-Taubah: 36)

Allah secara khusus menyebut empat bulan haram itu dan melarang melakukan kezhaliman di dalamnya sebagai pemuliaan terhadapnya, walaupun kezhaliman itu sendiri tetap terlarang sepanjang masa. Ini seperti firman Allah,

Maka tidak boleh rafast, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.” (Al-Baqarah: 197).

  • Hari senin dan Kamis

Usamah bin Zaid r.a. berkata, “Sesungguhnya, Nabi saw. selalu berpuasa pada hari senin dan kamis. Beliau pernah ditanya tentang alasannya, maka beliau menjawab, ‘Sesungguhnya, amal perbuatan manusia dilaporakan pada hari senin dan kamis.” (Riwayat Abu Dawud)

  • Tiga hari pada setiap bulan (hijriah)

Abu Dzar r.a. berkata: “Rasulullah saw. memerintahkan kita untuk shaum tiga hari dalam sebulan, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15.” (Riwayat Nasa’i dan Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban).

Abdullah bin ‘Amr r.a. menuturkan, “Rasulullah saw. berkata kepadaku,

“Berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Sesungguhnya, setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Artinya, itu sama dengan berpuasa sepanjang masa.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

  • Puasa Dawud

Abdullah ‘Amr r.a. menyatakan bahwa Nabi saw. bersabda,

“Sesungguhnya, puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Dawud, yakni dia puasa satu hari lalu berbuka satu hari.” (Muttafaq Alaih)

  • Puasa pada saat Perang

Dari abu said al-khudry r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda: “Jika seorang hamba shaum sehari waktu perang di jalan Allah, niscaya Allah akan menjauhkannya dengan puasa itu dari api neraka sejauh 70  tahun perjalanan.” (Muttalaq Alaih)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Lowongan Kerja lulusan Smk Bulan July 2012 Pengertian dan Jenis-Jenis Surat Legal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis

Farida

Faridatul Aulia

Recent Posts

Blog Stats

  • 449,335 hits

Tamu Special

free counters

Tanggalan

July 2012
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

My Top Fans

Waktu


%d bloggers like this: